Sugeng Rawuh

Sugeng Rawuh.....

Disetiap menara kehidupan yang tinggi akan senantiasa hadir Manusia-manusia mercusuar yang menerangi kehidupan di sekelilingnya dengan cahayanya yang terang benderang (Anis Matta)

Rabu, 08 Juni 2011

Upacara....simbol atau formalitas ?


Bismillah….

Ehm….test2….1….2…3….ok…Alhamdulillah keyboard ane masih normal…otak ane masih normal…..masih ada oksigen yang bisa dihirup dan gratisss…alhamdulillah atas nikmat dari Sang Maha Baik Hati….yang masih memberi walau sering tersakiti dan terkecewakan oleh seorang makhluk tak berarti bernama hesty ambarwati.

Nah…masih tentang dunia pendidikan (asa jarang nulis tentang dunia kuliner…wahai hesti mahasiswi tata boga..ahahhaha) kemarin2 nih…sempat heboh berita tentang 2 sekolah di Karanganyar yang  saat upacara bendera tidak mau hormat ke itu bendera karena dia kira itu thogut dan untuk apa dihormat-hormati….serta tidak mau bernyanyi-nyanyi lagu Indonesia Raya… sampai-sampai itu wakil mendiknas sama DPR heboh…memerintahkan jajarannya untuk membuat pembinaan kepada sekolah2 yang ga mau hormat bendera dan ga mau ngelaksanain upacara bendera…..dan itu MUI pun ikut2an dibuat riweuh untuk buat penjelasan klo hormat bendera bukanlah hal syirik…intina mah ane liat mereka semua dalam kondisi riweuh tingkat 1…*ga mau sebut siaga 1 ah….
dari ceritarusdi.blogspot.com

 …..entah ya…ane coba memandang dari ane punya perspektif….lucunya negeri ini….banyak hal yang ane pikir lebih urgent untuk dipikirkan dan diselesaikan seringkali tertutupi oleh hal2 yang remeh-temeh kek begini….maksud’a….kok ujug2 itu para petinggi bisa begitu sigapnya ya bikin kebijakan2….sampai kebijakan cabut izin operasional buat sekolah yang ga mau ikut upacara bendera-pun diberlakukan…yah…begitu sigapnya untuk hal2 yang –ane pikir bukan hal yang substansial-…..
Tentang upacara bendera….mungkin kabar baiknya adalah….pemerintah ingin menghadirkan suasana –betapa sulitnya para pahlawan memerdekakan negeri ini, betapa sulitnya mengibarkan bendera, betapa sulitnya menggaungkan lagu Indonesia Raya…sampai2 saat Kongres Sumpah Pemuda berlangsung…lagu ini hanya dikumandangkan menggunakan biola karena terlalu banyak kata Indonesia dan Merdeka-  hingga akhirnya jiwa nasionalisme dan patriotism muncul di jiwa-jiwa kaum pemuda…..

Ok…mungkin upacara bendera bisa jadi salah satu jalan untuk menumbuhkan itu semua…namun pertanyaannya ? efektifkah ? ataukah pada akhirnya upacara bendera ini hanya jatuh pada symbol dan formalitas semata ? “yang penting ada..yang penting jalan…daripada kaga”…lagi-lagi lucunya negeri ini….negeri yang penuh dengan symbol dan formalitas…yah...konstitusi dibuat hanya sebagai formalitas..kebijakan di buat hanya sebagai formalitas….hukuman dibuat hanya untuk formalitas…anggaran dirancang untuk formalitas…bahkan pengajaran di itu sekolah formal pun formalitas saja…semuanya formalitas…*bosen ane dengernya

Jadi untuk apa menyibukkan diri pada hal yang berbau formalitas dan miskin esensi…?....maksud ane…lu sibuk2 mikirin itu sekolah ga ngelaksanain upacara bendera…tapi ane pengen tanya :

 “OI….UPACARA BENDERA BISA BIKIN AKHLAK LU JADI BAIK KAGA ? BIKIN KORUPTOR ILANG…BIKIN ORANG2 YANG SIBUK SAMA PERUT SENDIRI ILANG…BIKIN PEJABAT YANG TAK BERPIHAK PADA MASYARAKAT MUSNAH…BIKIN KITA PADA AKHIRNYA LEBIH PEDULI PADA SESAMA ? BISA MEMBENDUNG DEKADENSI MORAL ? BISA BIKIN NEGARA INI PUNYA HARGA DI DEPAN MASYARAKAT DUNIA ? BISA BIKIN NEGARA INI HILANG MENTAL PENGEMIS DAN PENGHUTANGNYA KAGA ????? plis deh…hawa militer yang gw dapet dari upacara bendera…baris rapi…juga ajang ngegebukin siswa yang atributnya ga lengkap…jadi penting ga siiiih?

Hai bapak2 dan ibu2 pejabat yang terhormat…yang sudah hidup dari uang orang tua kami dan kami yang sudah ingin bayar pajak :p….tampaknya di dunia pendidikan ini…ada yang lebih urgent untuk diributi….bagaimana kabar realisasi, distribusi, penyerapan dan laporan anggaran 20% untuk pendidikan ? bagaimana kabar distribusi BOS ? bagaimana kabar peningkatan kualitas sekolah gratisnya ? bagaimana kabar “pendidikan nilai” di bangku-bangku sekolah ? bagaimana kabar UN yang ngabisin duit ? bagaimana kabar sekolah yang masih tak geram dengan tindak kriminalitas “nyontek” ? kok itu ane dengar ada SD yang sampai2 buat simulasi pencontekan sebelum UN?....bagaimana kabar penanaman akhlak disekolah2 negeri ini? Apakah cukup diwakili dengan kegiatan membaca asmaul husna di saat apel pagi…lalu siswa negeri ini menjadi sholeh? Bagaimana kabar biaya pendidikan di PTN? Bagaimana kabar pemuda bangsa yang tak sanggup sekolah tinggi karena biaya? Bagaimana pemerataan sekolah di pelosok ? bagaimana kabar guru2 PNS yang sibuk cari sertifikat atau PPG sekarang ? bagaimana kabar guru honorer yang sibuk cari sampingan pendapatan lain biar dapurnya tetap ngebul ?  bagaimana kabar kurikulum yang bejibun itu ? bagaimana orientasi pendidikan yang sedang kau rancang untuk negeri ini ?

Jadi….Bagaimana ? PTN ga upacara bendera juga biasa aja kok….sekolah ane juga dulunya ga upacara bendera,,,hahahahah :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jejak Kamera

Jejak Kamera
Pagi di Yogya